Indahnya Goa Gong Pacitan

2:17:00 PM


Hai Semuanya! Cover post kali ini udah oke belom? Hari ini kita bakalan menuju ke arah Timur, yaitu tepatnya ke Pacitan. Di Pacitan ini terdapat salah satu Goa yang disebut sebagai Goa Terindah se-Asia Tenggara, yaitu Goa Gong. 

Pacitan sendiri adalah sebuah daerah dengan julukan Kota 1001 Goa, maka tak heran kan kenapa salah satu destinasi wisatanya bisa menjadi yang terbaik se-Asia Tenggara.


Perjalanan dari Pacitan kemarin memakan waktu kurang lebih 10 jam dengan mobil. Perjalanan dimulai dari Surabaya. Sesampainya di Pacitan, saya dan keluarga Check In Hotel terlebih dahulu karena kami berencana menginap 2 hari. Kami menginap di Hotel Prasasti, dekat dengan alun-alun kota Pacitan. Pacitan ini jika bisa dibilang merupakan sebuah daerah yang cukup sepi ya kotanya. Entah karena kemaren sedang libur atau bagaimana, tapi selama sekitar 2 hari di Pacitan saya cukup merasa kota ini jauh dari kebisingan.

Ohya, Pacitan juga merupakan kota kelahiran mantan Presiden kita lho. Pak Susilo Bambang Yudhoyono. Kalau kalian lewat jalan di kota, kalian pasti bakalan nemuin Plang rumah pak SBY.

Kediaman bapak Susilo Bambang Yudhoyono

Goa ini terletak di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, Pacitan. Perjalanan menuju Goa Gong sendiri memakan waktu sekitar 1,5 jam dari kota, lumayan lama sebenarnya karena masuk musim liburan dan banyaknya angkutan seperti Bus yang membuat jalan sedikit terhenti. Jalan yang dilalui berkelak-kelok yang identik karena rute yang dilalui adalah jalanan diantara pegunungan. Ohya, jika kalian ingin menuju Pantai Klayar melalui rute Goa Gong, kalian bisa menyewa Shuttle dengan harga sewa 300 ribu untuk 2 jam dan 350 ribu untuk waktu yang tidak terbatas.

Gate Goa Gong

Biaya masuk Goa Gong sendiri untuk Hari Libur Nasional, Dewasa 12 ribu, dan anak-anak 5 ribu rupiah. Cukup murah menurut saya untuk destinasi wisata sebagus ini.
Dari parkiran, kita akan dihadapkan pada jalan menanjak sejauh 200 meter, untuk kemudian masuk ke loket dan wilayah Goa Gong.
Di luar, para penjual makanan maupun aksesoris ramai berkumpul, begitupula yang berbondong-bondong menyewakan senter.

Harga sewa senter berkisar 5 ribu dan terdapat baterai cadangan jika sewaktu-waktu senter mati di dalam Goa. Goa Gong sendiri memiliki kedalaman kurang lebih 250 meter dan memiliki Stalaktit dan Stalakmit berusia ratusan tahun. Goa ini semakin diperindah dengan aksen warna-warni lampu neon disekitar Stalaktit-Stalakmitnya.

Stalaktit - Stalakmit di depan pintu masu.

Dinamakan Goa Gong, karena seperti penuturan Tour Gouidenya, ada salah satu batuan Stalaktit-Stalakmit pipih yang jika di pukul berbunyi seperti Gong. Didalam Goa Gong sendiri, terdapat tangga yang cukup lebar untuk memudahkan pengunjung melakukan susur Goa.

Kumpulan batuan Stalaktit yang indah dengan aksen warna-warni

Didalam Goa ini terdapat berbagai pemandangan, variasi bebatuan dengan air Goa. Terkadang ada batuan yang meneteskan air, hingga danau kecil di sekitar bebatuan. Susur Goa selama kurang lebih 1 jam ini cukup membuat kita meneteskan keringat karena suhu udara yang pengap di dalam Goa. Tetapi pengelola tempat wisata Goa Gong sendiri cukup memikirkan keadaan pengunjungnya dengan memasang pendingin udara di dalam Goa. 


Tangga yang mempermudah pengunjung







Salah satu bebatuan terbesar di dalam Goa


Danau kecil hasil tetesan air Goa di sekitar bebatuan.






Selesai susur Goa, kami menuju keluar dan terlihat dari arah pintu keluar sudah berjejer beberapa penjual di dalam tokonya. Oleh-oleh yang khas disini adalah olahan Sale Pisang serta Gula Jawa. Penataan usaha di sekitar kawasan Goa Gong ini juga terbilang sangat rapih, karena tiap penjual di sediakan Toko sendiri. Ohya, disini juga terdapat sourvenir bebatuan Goa yang dijual dengan harga kisaran 100 ribu hingga 150 ribu.

Plang toko toko yang menjajakan berbagai jajanan maupun aksesoris
Saya dapat Sale Pisang oven wkwkkw tujuannya beli ini karena unyu :"3

Saran saya untuk yang ingin berkunjung ke Goa Gong ini, carilah jadwal diluar hari libur. Selain bisa puas mengeksplorasi Goa, perjalanan yang ditempuh juga tidak memakan waktu yang lama akibat macet wkwkw.

Yang masih bingung letak Goa Gong dimana, bisa ikuti jalur ini ya!



Nah, sekian laporan saya dari Pacitan, Jawa Timur. Sekian Perjalanan kali ini! sampai jumpa di Post Selanjutnya!

  • Share:

You Might Also Like

10 Signature's

Terimakasih atas jejaknya :)