Review! 1st Time Menginap di Retra's Hostel Yogyakarta Bersama Foreigner dari France

日曜日, 6月 04, 2017


Hai guys! Apa kabarnya nih, hari Minggu yang cerah ini wkwk. Lagi pada mau UAS ya? Semoga semua yang akan menjalankan 'ritual' UAS besok Senin dimudahkan Tuhan dalam mengerjakan soal-soalnya. Jangan lupa belajar dan tutup dulu sosmednya ;)

Postingan kali ini, saya akan menceritakan sebuah pengalaman pertama saya. Yak, buat yang udah follow instagram / temenan sama saya di Facebook, mungkin kalian udah tau kan kalau aja saya barusan pulang dari Yogyakarta dalam rangka berkunjung ke ARTJOG 2017. Terus nih, beberapa dari kalian ada yang kepo waktu saya tau-tau nge upload foto lagi sekamar sama bule. Yak bule means foreigner, bukan bulek dalam bahasa Jawa :"D
Jadi, waktu itu karena udah depresi berat UAS waktu puasaan (ya, saya Seninnya juga UAS tapi Sabtu-Minggunya kabur wkwk), temen-temen banyak yg weekend masih pada di rumah, dan saya gabut total nyaris seminggu di kosan tanpa kegiatan yang produktif, akhirnya saya memutuskan kabur!

Kabur kemana? Yogyakarta. Sebagai tempat pulang terbaik, Yogya masih tetep nomer #1 di hati. Waktu itu masih kepikiran buat ngajak beberapa temen yang excited berat sama acara-acara seni gitu. Akhirnya nge-plan buat nawarin sekitar 8 orang, dan yak semuanya gak ada yg bisa dengan alasan Seninnya UAS (lagian cari gara-gara H-1 UAS ngajakin ngebolang X')). Berbekal udah sepaneng berat akhirnya saya nekat, H-7 cari-cari penginapan buat bermalam di Yogya.

Saya itu orangnya penakut berat, gak ada angin gak ada hujan aja bisa takut-takut sendiri wkwkw. Terus waktu nyari-nyari penginapan saya mikir. 

"Wah, kalopun dapet yg 1 kamar buat sendiri, nanti kalo ada hantunya gimana, kalo dikuntit orang gimana, kalo gini kalo gitu gimana"

Penuh pertimbangan, akhirnya saya menemukan salah satu situs yang membahas mengenai penginapan yang menyediakan kamar tipe Dormitory, alias sekamar dipake banyak orang. Wah, tertarik tuh, karena saya juga lagi mengembangkan skill untuk berinteraksi dengan banyak macam orang wkwk (ya, saya di real life sebenernya orangnya Pasif). Saat itu saya menemukan 2 penginapan yang menyediakan kamar tipe Dormitory, yaitu EDU Hostel dan Retra's Hostel. Sebenarnya, saya sudah sempat memilih EDU  Hostel sebagai tempat meninap saya hari Minggu, selain karena tempatnya dekat dengan lokasi ARTJOG, harga kamar yang ditawarkan juga lebih murah. Tapi saat itu EDU Hostel penuh pada tanggal 3-4 Juni. Akhirnya saya memutuskan berbalik memesan kamar di Retra's Hostel.
.
Setelah melihat review pengunjung di Trip Advisor dan membaca di beberapa situs, akhirnya saya memesan kamar di Retra's Hostel via Whatsapp. Admin yang menjadi operator Whatsapp cukup tanggap, fast respon dan sangat ramah! Tidak ada 10 menit pesan saya sudah dibalas. Dan, voila! Saya mendapatkan 1 bed di dalam kamar Dormitory dengan harga Rp. 85.000 per malam. Saya melakukan pembayaran dengan mentransfer dp sebesar Rp. 50.000.

Singkat cerita, saya menuju Retra's Hostel menggunakan Gojek dari Stasiun Tugu. Lokasi Retra's Hostel lumayan 'nyelempit' sebenarnya. Tapi, jika kalian mengikuti panduan Google Maps, kalian pasti tidak akan nyasar wkwk. Hostel ini masih berada di sekitaran wilayah kampus UGM. Yang berarti, akan ada banyak makanan ataupun tempat nongkrong di sepanjang jalan, jadi kalian tak usah khawatir kelaparan wkwk.

Berdiri di depan gerbangnya, ekspektasi saya akan hostel bagus, rapih, mewah menjadi kenyataan. Petugas yang berada di gerbang juga sigap menangani kedatangan saya, (jam 11 sebelum saya check in, saya sudah ditanya akan datang jam berapa), langsung menuju resepsionis, saya diberikan semacam MOU yang harus di sepakati. Isi MOU beberapa yang masih saya ingat adalah, pernyataan bahwa tamu tidak membawa alkohol, tidak merokok dan tidak membawa narkoba. Selain itu, anak kecil dibawah 15 tahun harus masuk dengan pendamping. Selesai menyelesaikan pembayaran, saya diberikan kunci kamar dan kunci loker dengan gantungan nama kamar yaitu 'Megamendung' hmmm cukup 'Yogya banget' ya konsep hostelnya.

Saya dapat kasur atas, disamping saya ada tamu dari Jakarta, dibawah saya ada Mahasiswa Exchange dari Azerbaijan dan di sebelahkan ada Mahasiswa Exchange dari France.

Bentuk ranjang susunnya

Barang bawaan kami. Ekspektasi kamar wanita yang rapi tidak ada disini X') ohya, tiap tamu diberikan 1 loker untuk menyimpan barang.
Waktu masuk, di dalam kamar sudah ada 1 orang Foreigner yang sedang melakukan pembicaraan via telepon. Batin saya, waduh kalo aja dia gabisa Bahasa Inggris gimana nih ngobrolnya wkwk. Akhirnya setelah semedi, saya memutuskan untuk membereskan barang, kemudian mandi sambil menunggu teman saya menjemput untuk berangkat bersama ke ARTJOG. Ohya, di dalam kamar tersedia 2 kasur susun yang berisi 4 orang, 1 loker dan kamar mandi dalam. Saya mendapatkan bantal, selimut, serta handuk.

Kamar mandinya suer bersih banget! Dan yang terpenting ada air hangatnya wkwkw.

Selesai mandi, si mbaknya udah selesai telfon tuh. Waktu itu saya beraniin diri buat tanya, dia bisa bahasa Inggris apa tidak (sebenernya di logika aja sih ya kar dia kan mahasiswa exchange masa gabisa English) wwkwkwkkw. Setelah ngobrol panjang lebar, akhirnya saya tau dia adalah Mahasiwa Exchange UGM bernama Zohra dan berasal dari Perancis. Dia sudah berada di Yogya semenjak bulan Agustus dan akan kembali ke negaranya pada hari Senin tanggal 5 Juni (save flight sis). Mbaknya seru banget, tapi sayang kita gak sempet foto bareng :(. Pembicaraan terhenti karena saya sudah dijemput teman saya. Sebenernya Zohra juga berminat ikut ke ARTJOG, tapi jam 5 sore nanti dia ada acara buka puasa bareng dengan mahasiswa UGM. FYI, Zohra ini Muslim, which means alhamdulillah ada temen buat sahur wkwk.

Lobi Retra's Hostel


Pengalaman saya menginap di Hostel ini sangat memuaskan. Selain tempatnya jauh dari hingar bingar kendaraan, lingkungannya juga kekeluargaan banget, selain itu fasilitas yang ditawarkan juga cukup komplit. Saya sempat sahur dengan roomate saya dan menggunakan fasilitas dapur umum untuk memasak makanan sahur saya.

Fasilitas dapur dan mesin cuci yang dapat dipakai oleh tamu

Bagi kalian yang ingin menginap disini, Retra's Hostel menyediakan 2 tipe kamar, yaitu Private Room dan Dormitory. Untuk Private Room, dengan harga Rp. 300.000 per malam dan fasilitas yang sangat komplit. Dan bagi kalian yang sudah punya rencana ke Yogya dan membaca blog ini lalu tertarik, kalian bisa mencari info mengenai Retra's Hostel disini :


Dan kalian juga bisa membaca review Retra's Hostel via Trip Advisor disini :


Halaman depan Retra's Hostel

Dan bagi kalian yang membutuhkan petunjuk arah menuju Retra's Hostel, kalian bisa ikutin maps disini ya!


Orang bilang, traveling sendirian itu sunyi? Siapa bilang? Aku banyak nemuin hal baru lho selama traveling sendirian :) Keluar dari zona nyaman kalian, yuk! Aku sudah nih, kalian kapan? :)

Sekian blogpost kali ini, sampai jumpa di blogpost selanjutnya!

You Might Also Like

1 Signature's

  1. Wah hostelnya lucu banget dan bersih ya! Jadi ada pilihan hostel kalau ke Jogja. Thx reviewnya! :D

    返信削除

Terimakasih atas jejaknya :)

Subscribe